Tips Internet Sehat

Di negara-negara Asia (termasuk di Indonesia) dimana pengguna internet tumbuh dengan sangat pesat . Di China misalnya, sedang digalakkan edukasi tentang Internet Sehat di kalangan murid-murid sekolah menengah. Intinya adalah menghindarkan dari situs-situs yang tidak sehat, mengurangi ketergantungan terhadap online games dan chatting.

Persoalannya tentu bukan cuma persiapan infrastruktur internet saja yang harus dibangun. Tapi ada instrumen lain yang juga sangat penting, agar pengguna internet tidak kesasar pada situs-situs tidak sehat. Instrumen itu adalah: kesiapan membangun konten yang sesuai kebutuhan sasaran pasarnya.


Berikut ini adalah tip-tip internet sehat.

1. Berhati-hatilah menggunakan e-banking di tempat umum, semisal warnet. Mintalah jaminan keamanan PC kepada petugas warnet tersebut.

2. Tidak memberikan password apapun kepada siapapun di Internet.

3. Jika membuat situs pribadi atau melakukan chatting, janganlah memberikan data pribadi (alamat rumah, nomor telepon, tanggal lahir, dll.).

4. Buatlah minimal 2 alamat e-mail. Satu untuk keperluan pribadi dan satu lagi untuk keperluan berlangganan milis atau layanan Internet.

5. Jangan buka file kiriman (attachment) dari seseorang yang tidak kita kenal benar. Langsung di delete saja

6. Tetaplah ingat untuk memperpanjang sewa nama domain yang anda miliki.

7. Peran orang-tua / guru dalam membimbing dan mengarahkan anak / murid tidak dapat digantikan dengan software apapun.

Berikut ini adalah beberapa free filter software dan link sebagai kontrol bagi orang tua dan guru:

Comments :

1
Anonymous said...
on 

sepi gan gk ad yg comment..
boleh jga tu tips nya, ada lgi gk tips" nya...??? :)

Post a Comment